Selasa, 25 Juli 2017

Makanan khas sibolga

Sibolga resep kuliner ikan panggang pacak

Nah ini dia Salah satu masakan khas Sibolga yang paling banyak peminatnya. jadi...dengan senang hati saya masak panggang pacak ini dan di niatin buat ngukur bahannya. semua bahan digiling halus.



Mie Tek-Tek Sibolga di RM Salero Kito, Juara!

 Sibolga adalah salah satu kotamadya di Provinsi Sumatera Utara. Kota ini terletak di pantai barat Pulau Sumatera, dengan jarak sekitar 350 Km (8 jam perjalanan darat) dari Medan. Sama dengan kota pesisir lainnya, Sibolga juga terkenal akan hasil lautnya yang segar. Namun selain beragam seafood, kota yang berpenduduk tidak lebih dari 90.000 jiwa ini juga mempunyai sebuah kuliner khas, mie tek-tek sibolga namanya.

pemilik mie tek tek sibolga medan halal

Disebut mie tek-tek karena biasanya si penjual memukulkan sesuatu ke kualinya sehingga menimbulkan suara “tek-tek-tek”. Ada juga beberapa sumber yang menyebutkan kalau asal muasal nama mie tek-tek muncul karena suara gesekan antara kuali dengan sodet saat si koki sedang masak.

Mie tek-tek sibolga sendiri punya ciri khas. Pertama adalah bumbu masaknya yang minimalis, baik itu digoreng dengan kering atau berkuah. Kecap manis, potongan bawang merah, bawang putih, sambal, merica, biasanya jadi bumbu dasar saat memasak mie tek-tek sibolga.

Sekarang, untuk bisa menikmati mie tek-tek tidak perlu jauh-jauh ke Sibolga. Di Medan sudah ada beberapa gerai yang menjual mie dari kota yang hanya memiliki luas 10,77 Km2 ini.

mie tek tek sibolga salero kito

Salah satunya adalah sebuah rumah makan yang berlokasi di Jalan Seksama Ujung (sebelum jembatan Sungai Denai kalau dari arah Menteng atau Terminal Amplas). Rumah makan (RM) Salero Kito namanya. Di sini mie tek-tek langsung dimasak oleh si pemilik yang asli Sibolga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar